Selasa, 17 Desember 2019

Cara Optimasi Website Agar Lebih Cepat & SEO Friendly [Panduan Lengkap]



Banyak faktor dalam meningkatkan peringkat website, Dibutuhkan banyak cara Optimasi Website yang maksimal agar bisa terus bersaing di page one. Lantas apa yang menjadi kunci Website load Lebih Cepat & SEO Friendly.  Kita akan bahas lebih lanjut mengenai Optimasi website dibawah.

SEO memang memiliki banyak teknik, Namun ada beberapa teknik yang bersifat major agar website bisa memiliki rank yang bagus. Apa saja optimasi website seo untuk meningkatkan rangking website?

1. Selalu Utamakan Tampilan Mobile
Cara Optimasi Mobile Friendly WebsiteWebsite Tampilan Versi Mobile
Adanya Google Mobile First Index mengharuskan kita melakukan optimasi website dengan megutamakan versi mobile. Kalo kamu belum tahu apa itu Google Mobile First Index adalah cara google melakukan crawl atau indeksasi yang lebih mengutamakan versi tampilan mobile sebuah website untuk menentukan ranking.

Kebijakan mobile first index muncul karena jumlah penggunaan mobile lebih tinggi daripada penggunaan dekstop dalam berselancar di internet. Hal tersebut sesuai dengan statistika diatas dalam penggunaan mobile dan dekstop dalam berinternet di Amerika Serikat.

Dengan adanya Google Mobile First Index maka versi mobile sebuah website harus benar-benar diperhatikan dan dioptimasi dengan sebaik mungkin. Sesuai penjelasan tadi, Jika google lebih mengutamakan nilai sebuah performa website dari crawling website versi mobilenya. Hal tersebut berarti bahwa sebuah nilai performa website versi mobilenya buruk maka berpengaruh terhadap SEO dan tentunya rangking website. Lantas,

Bagaimana cara optimasi website versi mobile?

Gunakan tema yang responsif & Mobile Friendly, Saat ini sebagian besar tema wordpress sudah mobile friendly dan responsif. Nah buat kamu yang belum tahu apakah website kamu mobile friendly atau tidak bisa melalui situs resmi google untuk melakukan Mobile Friendly Test.

Jadikan desain mobile sebagai prioritas, Jika sebelumnya kamu lebih mengutamakan melakukan desain website untuk tampilan dekstop, Untuk saat ini dahulukan tampilan versi mobile.

Tingkatkan kecepatan wordpress, Kecepatan menjadi masalah utama dalam optimasi website, Berdasarkan survei yang dilakukan Google, 53 persen pengguna internet Indonesia akan meninggalkan website yang loading websitenya lebih dari 3 detik. Maka dari itu Google menyarankan kecepatan website dibawah 3 detik, dan maksimal 5 detik. Jadi luangkan waktu untuk melakukan optimasi kecepatan website. Kamu bisa melakukan tes kecepatan website di website milik google tersebut.

Gunakan bantuan plugin wordpress, Banyak sekali plugin wordpress yang membantu optimasi website versi mobile. Plugin tersebut seperti Jetpack by WordPress, AMP for WP, Plugin Cache, dll.

Baca selengkapnya



Powered by INDO9.COM