Sabtu, 21 Desember 2019

Blogspot Sebagai Blogging Platform – Kelebihan Dan Tips Menggunakannya



Blogspot merupakan platform gratis yang dijalankan oleh Google. Blogspot sekaligus menjadi pilihan tepat bagi para blogger pemula yang belum tahu pasti berapa lama mereka akan menjalani aktivitas blogging serta mereka yang tidak mampu atau tidak mau mengeluarkan biaya untuk blog hosting. Artikel kali ini sangat cocok bagi para pemula yang baru dalam blogging dan ingin belajar tentang hal-hal mendasar yang ada di dalamnya.

Keuntungan Menggunakan Blogspot Sebagai Platform Blog
Blogspot dimiliki oleh Google, jadi terintegrasi dengan mudah ke Google Analytics, PicasaWeb dan Feed burner. Selain itu Blogspot juga:

Gratis. Orang pasti suka dengan semua yang gratis. Tidak dibutuhkan domain, hosting atau hal semacamnya. Anda akan memperoleh semua pengalaman blogging secara gratis. Dan bila blog Anda gagal, Anda tidak akan menanggung kerugian.
Lebih mudah. Ini sudah pasti, sudah sekian lama ada banyak diskusi tentang platform blogging mana yang lebih mudah digunakan. Semuanya mengatakan kalau Blogspot lebih mudah dibanding WordPress.
Google, nama paling terkenal di dunia internet. Google menjadi mesin pencari terbaik di internet. Ketika Google beriringan dengan Blogspot, tentu ini menjadi nilai yang besar bagi Blogspot.
Wizard yang mudah digunakan. Anda bisa mulai menjalankan blog dalam waktu kurang dari 5 menit.
Software dengan tabs dan tombol yang mudah dinavigasi.
Pilihan untuk menggunakan nama domain sendiri selain namablogsaya.blogspot.com.
Selain itu, bila Anda merasa nyaman menggunakan  HTML dan CSS, Anda bisa  menata template agar lebih menarik perhatian.

Meski memiliki keunggulan, ada sejumlah kekurangan pada platform yang satu ini. Salah satunya, blog dengan Blogspot kadang dianggap kurang profesional dibanding yang menggunakan WordPress.org sebagai platformnya. Tapi dengan memodifikasi template dan menggunakan nama domain sendiri, akan lebih sulit menentukan platform mana yang seseorang gunakan. Kunci untuk tampilan menarik di Blogspot adalah menggunakan nama domain sendiri dan template yang unik.

Sebagian orang mengeluhkan fitur komentar yang tidak mudah digunakan
Banyak sekolah dan institusi publik memblokir platform Blogspot. Ini bisa membatasi audiens Anda.
Di sisi lain, banyak blogger baru yang ingin mulai blogging tanpa perlu mengeluarkan uang untuk menciptakan sebuah blog. Ini sangat masuk akal. Ada banyak platform blogging yang menawarkan penggunanya kemampuan untuk menciptakan blog gratis. Bila Anda sedang mencari blog gratis sederhana, sebagai  permulaan, Anda bisa memulai dengan Blogspot.com.

Setelah memiliki pengalaman blogging, Anda bisa menjadi lebih profesional dengan blog WordPress self-hosted.

Blogspot memang memiliki keterbatasan, tapi seperti sudah disebutkan di atas, untuk pemula, platform ini jadi cara tepat untuk belajar menciptakan blog dan memulai proses blogging.

Sebelum mulai membuat blog di Blogspot, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Blogspot sebagai platform blogging milik Google, menawarkan kesempatan untuk memulai blog, tapi semua gambar akan di-host oleh Picasa (juga bagian dari Google). Blogspot, dalam hal ini, merupakan platform blogging Google sentris.
Bila tujuan blog Anda adalah untuk menghasilkan uang dan memiliki blog dengan tampilan profesional, Anda dianjurkan membuat blog menggunakan WordPress. Dengan mengikuti semua panduannya, Anda sudah bisa menciptakan sebuah blog WordPress dalam waktu 60 menit saja.

Baca selengkapnya




Powered by INDO9.COM